Selamat Tahun Baru 2017, semoga di tahun ini terwujud keinginan dan harapan kita semua. Aamiin.

Selasa, 26 April 2011

PERJALANAN KE TANAH KUNING

Untuk yang pertama kalinya saya mendapat tugas supervisi rutin dan pembinaan pada guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan PKn pada SMP Negeri 2 Tanjung Palas Timur di Tanah Kuning dan SMP Negeri 4 Tanjung Palas Timur di Mangkupadi.
Sehari sebelum berangkat Bapak Suwarso telah memberikan arahan kepada saya untuk kepentingan pemberangkatan bersama. Sudah sepatutnya saya belajar dari beliau yang telah sering melakukan perjalanan dinas mengunjungi sekolah-sekolah di pelosok wilayah Kabupaten Bulungan.
Kurang lebih jam 15.15 kendaraan yang kami tumpangi baru berangkat meninggalkan Tanjung Selor. Sopir yang membawa mobil tumpangan kami layak saya akui adalah seorang sopir yang cekatan, sesulit apapun medan jalan yang dilaluinya dapat diatasinya dengan tenang.
Jam 18.05 kendaraan kami telah sampai di Tanah Kuning, Bapak Suwarso mengajak saya untuk menginap di sebuah penginapan milik bapak mantan Kepala Desa Tanah Kuning. Segeralah kami turun dari kendaraan, hati ini ingin rasanya segera mandi keramas agar badan menjadi segar. Kemudian siap untuk menikmati makan malam bersama.Dan ternyata keinginan ini terwujud.
Bersama Bapak Suwarso, sambil menunggu hidangan disajikan, kami tidak berhenti berdiskusi tentang teknologi yang digunakan di penginapan. Meskipun letaknya di suatu daerah yang jauh terpencil tetapi tidak kalah canggihnya dengan penginapan yang ada di kota kota. Bapak Suwarso mencontohkan bak kamar mandi yang di buat begitu sempitnya hanya berisi air kurang lebih 20 liter akan tetapi air yang hanya 20 liter itu tidak pernah berkurang meskipun telah kita pergunakan untuk mandi berkali-kali. Disimpulkan teknologi yang digunakan adalah teknologi yang memanfaatkan teori bejana berhubungan.
Setelah 3 malam di penginapan, selama itu menu makan faforit kami adalah ikan. Menu itu akan segera berganti manakala kami sampai di rumah, Tanjung Selor. Begitulah cerita sedikit tentang perjalanan kami ke Tanah Kuning. Selamat menggapai kemajuan wahai daerah jauh terpencil, semoga sukses menyertai cita-citamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar